インドネシア2代目支局長 フィルダBLOG

車両機能を最大化して他の人を助ける

車両機能を最大化して他の人を助ける

2020年2月17日

Share

  • Xでシェア
  • facebookでシェア
  • LINEで送る

導入実績700サイト以上!!
「カスタメディア」の事例ダウンロードは
こちら

事例集をダウンロードする(無料)

日本語

ライドシェアは、インドネシアの人々が最も利用しているシェアリングサービスの1つです。このサービスの利点を感じているのはユーザーだけでなく、ライドシェアリングサービスのドライバーも利点を感じています。多くの需要があるライドシェアサービスの1つにGojekがあります。Gojekの存在は、コミュニティの経済の繁栄に役立ちます。

私の友達がドライバーとしてGojekに加わりました。彼の名前はレザさん。彼は1年以上Gojekドライバーになりました。レザさんは実際にすでに常勤の仕事をしています。しかし、彼は率先してGojekのパートナーとして参加し、バイクの機能を最大限に活用しました。また、レザさんはGojekのドライバーになることで余分な収入があると言いました。最小勤務時間要件がないため、Gojekドライバーとしての勤務時間は柔軟です。したがって、Gojekドライバーとして働くことは副業になる可能性があります。

Gojekが提供する利益分配システムは非常に高いです。ドライバーは80%、Gojekは20%を取得します。これはドライバーにとって大きな利点です。Gojekのドライバーは、Gojekの会社からも保険で保護されています。Gojekドライバーがより積極的かつ快適に働くよう動機付けるために、Gojekはボーナスシステムを適用します。このボーナスは、お金と同じ価値のポイント形式です。たとえば、オートバイの運転手が5つの注文を正常に完了した場合、 50,000ルピアのデポジットボーナスを受け取ります。注文を受けることに勤勉であるほど、より大きな収入が得られます。

     ただし、Gojekドライバーは仕事損失の可能性もあります。顧客とのミスコミュニケーションがある場合、ドライバーは顧客が怒っているときに我慢しなければなりません。システムが不安定な場合、ドライバーアカウントも簡単に一時停止されます。次の注文を受け取るまで待つ必要があります。収入は固定されていないため、これは主な仕事としてドライバーになりたい人のために考慮されるべきです。もちろん、Gojekドライバーになりたい場合は、アプリを使用できる必要があります。古い世代の一部は、アプリの操作にまだ使用していません。

したがって、この共有エコノミーサービスを使用すると、サービスのユーザーとパートナーにメリットとデメリットを提供できます。

 

Bahasa Indonesia

 

Maksimalkan Fungsi Kendaraan Untuk Membantu Orang Lain

 Ride sharing merupakan salah satu layanan sharing service yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Tidak hanya pengguna yang merasakan manfaat dari layanan ini, sebagai driver dari layanan ride sharing juga merasakan manfaatnya. Salah satu layanan ride sharing yang banyak peminatnya adalah Gojek. Kehadiran gojek dapat membantu mensejahterakan perekonomian masyarakat.

Salah satu teman saya ada yang bergabung menjadi driver Gojek. Namanya Reza dan bergabung menjadi driver Gojek sekitar 1 tahun lebih. Reza sebenarnya sudah memiliki pekerjaan tetap. Namun ia berinisiatif untuk bergabung sebagai mitra Gojek untuk memaksimalkan fungsi kendaraan yang dimilikinya. Reza juga mengatakan ia memiliki penghasilan tambahan dengan menjadi driver Gojek. Karena tidak ada ketentuan minimal working hours, sehingga jam kerja menjadi driver Gojek ini fleksibel. Bisa menjadi pekerjaan sampingan selain pekerjaan utama.

Sistem bagi hasil yang ditawarkan Gojek cukup tinggi, yaitu 80% untuk driver dan 20% untuk Gojek. Hal ini menjadi sebuah keuntungan yang cukup besar bagi para driver. Driver Gojek juga perlindungan asuransi dari perusahaan Gojek. Untuk memotivasi driver Gojek bekerja lebih giat dan menyenangkan, Gojek menerapkan sistem bonus. Bonus ini berupa poin yang sama nilainya dengan uang. Misalnya, apabila driver gojek berhasil menyelesaikan 5 orderan maka mereka akan mendapatkan bonus deposit sebesar Rp. 50,000. Semakin rajin mengambil order maka penghasilan yang didapat akan semakin besar.

Namun, sebagai driver Gojek juga tidak menutup kemungkinan mendapat  kerugian dalam bekerja. Jika terjadi miss communication dengan pelanggan, driver harus sabar ketika pelanggan marah. Akun driver juga mudah ter-suspend jika sistem sedang tidak stabil. Sehingga harus menunggu dulu untuk menerima order selanjutnya. Karena penghasilannya tidak tetap, hal ini harus dipertimbangkan bagi orang yang ingin menjadi driver Gojek sebagai pekerjaan utama. Tentunya jika ingin menjadi driver Gojek harus mampu menggunakan apilkasi. Beberapa generasi yang lebih tua masih belum terbiasa mengoperasikan aplikasi.

Jadi, dengan adanya layanan sharing economy ini bisa memberikan keuntungan dan kerugian bagi pengguna serta mitra dari layanan tersebut.

English

Maximize Vehicle Functions to Help Others

 Ride sharing is one of the most used sharing services by the people in Indonesia. Not only users who feel the benefits of this service, as drivers of ride sharing services also feel the benefits. One ride sharing service that has a lot of demand is Gojek. The presence of Gojek can help prosper the community’s economy.

One of my friends has joined the Gojek as a driver. His name is Reza and he became a Gojek driver for more than 1 year. Reza actually already has a permanent job. But he took the initiative to join as a Gojek partner to maximize the function of his vehicle. Reza also said he has extra income by becoming a Gojek driver. Because there are no minimum working hours requirements, so working hours as a Gojek driver is flexible. So, working as Gojek driver can be a side job besides the main job.

The profit sharing system offered by Gojek is quite high, it is 80% for drivers and 20% for Gojek. This is a big advantage for drivers. Gojek drivers also have insurance protection from Gojek companies. To motivate Gojek drivers to work more actively and pleasantly, Gojek applies a bonus system. This bonus is in the form of points that are the same value as money. For example, if the driver of a motorcycle successfully completes 5 orders then they will get a deposit bonus of Rp. 50,000 .The more diligent in taking orders, the greater income earned.

However, as a Gojek driver also does not rule out the possibility of loss in work. If there is a miss communication with the customer, the driver must be patient when the customer is angry. Driver accounts are also easily suspended if the system is unstable. So they have to wait to receive the next order. Because the income is not fixed, this should be considered for people who want to become a driver as their main job. Of course if you want to be a Gojek driver you must be able to use the app. Some of older generation still haven’t used to operate the app.

So, with this sharing economy service can provide advantages and disadvantages for users and partners of the service.

資料請求バナー